Menyajikan wawasan Islami & inspirasi penuh kebaikan bagi pendidikan dan kehidupan sehari-hari

Kultum Ramadhan kedelapan

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pada kesempatan ini, saya ingin berbicara tentang bagaimana kita dapat mendekatkan diri pada Allah SWT di bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat ini merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk meningkatkan kualitas hubungan kita dengan Sang Pencipta.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa."

Dari ayat ini, kita dapat mengetahui bahwa puasa diwajibkan untuk membantu kita meningkatkan kualitas takwa atau ketaatan kita kepada Allah SWT. Di samping itu, kita juga dapat memperdalam pemahaman kita mengenai agama dan merenungkan makna hidup.

Selain dari puasa, kita juga dapat melakukan amalan-amalan yang dapat membantu kita mendekatkan diri pada Allah SWT. Berikut adalah beberapa hadits yang dapat menjadi motivasi bagi kita untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

1.     Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

2.     Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ، فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ

Artinya: "Apabila datang bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu."

3.     Dari Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

إنَّ في الجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ له: الرَّيَّانُ، يَدْخُلُ منه الصَّائِمُونَ يَومَ القِيَامَةِ، لا يَدْخُلُ منه أحَدٌ غَيْرُهُمْ، يُقَالُ: أيْنَ الصَّائِمُونَ؟ فَيَقُومُونَ، لا يَدْخُلُ منه أحَدٌ غَيْرُهُمْ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ منه أحَدٌ.

 

Artinya: "Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang dinamakan Ar-Raiyan, yang hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa di dunia. Ketika mereka masuk, mereka akan diberi minum oleh Allah SWT dari sebuah sungai yang begitu segar, tidak ada yang dapat memasukinya selain mereka. Maka dikatakan: 'Di mana orang-orang yang berpuasa?' Mereka bangkit dan tidak ada yang dapat memasukinya selain mereka. Setelah mereka masuk, pintu tersebut akan tertutup dan tidak ada yang dapat memasukinya lagi."

Dari hadits-hadits di atas, kita dapat memperoleh beberapa pelajaran penting. Pertama, berpuasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa kita. Kita harus menjalankan ibadah puasa dengan tekun, ikhlas, dan berharap pahala dari Allah SWT.

Kedua, bulan Ramadhan merupakan kesempatan yang baik bagi kita untuk memperdalam pemahaman kita mengenai agama dan memperbaiki diri. Dengan berpuasa dan melakukan amalan-amalan ibadah lainnya, kita dapat menumbuhkan kualitas takwa atau ketaatan kita kepada Allah SWT.

Ketiga, Allah SWT memberikan banyak sekali keberkahan di bulan Ramadhan. Pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk berlomba-lomba dalam melakukan amalan-amalan kebaikan.

Dalam kesimpulannya, bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan berpuasa, melakukan amalan-amalan ibadah, dan meningkatkan kualitas takwa kita, kita dapat memperbaiki diri dan meraih keberkahan Allah SWT. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan tekun dan ikhlas. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Jadwal Shalat

Hitung Mundur

Pembukaan PENTAS PAI Tingkat Kecamatan Nagreg 2024

Kontributor

Pengikut

Subscribe Us