Menyajikan wawasan Islami & inspirasi penuh kebaikan bagi pendidikan dan kehidupan sehari-hari

Kultum Ramadhan Hari Kesepuluh

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pada kesempatan ini, saya ingin berbicara tentang bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas doa di bulan Ramadhan. Sebagai bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk memperbaiki kualitas doa kita. Sebagaimana firman Allah dalam surah al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-Ku menanyakan kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran." (QS. al-Baqarah: 186)

Dalam hadits riwayat al-Tirmidzi dan Ibn Majah, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ"

Artinya: "Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta dan amalannya, maka Allah tidak butuh atas dia meninggalkan makanan dan minumannya." (HR. al-Tirmidzi dan Ibn Majah)

Dari ayat dan hadits tersebut, kita dapat memahami bahwa Allah selalu dekat dengan hamba-hamba-Nya yang berdoa. Namun, kita harus memperbaiki kualitas doa kita dan meninggalkan segala ucapan dusta dan amalan buruk. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas doa di bulan Ramadhan:

Meningkatkan Kualitas Ibadah

Kita harus memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Quran, sholat sunnah, bersedekah, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah dan meningkatkan kualitas doa kita.

Allah berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 197:

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ

Artinya: "Haji adalah bulan-bulan yang telah ditentukan. Barangsiapa yang mempersiapkan diri untuk melaksanakannya, maka tidak ada dosa baginya untuk berbicara dengan baik dan tidak ada dosa pula baginya untuk berlaku ma'ruf (berbuat kebajikan)." (QS. al-Baqarah: 197)

Dalam ayat ini, Allah mengajarkan kepada kita bahwa ibadah yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membantu meningkatkan kualitas doa kita.

Meningkatkan Kualitas Khusyu' dalam Sholat

Khusyu' dalam sholat merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas doa kita. Khusyu' berarti fokus dan konsentrasi penuh pada Allah dalam sholat. Ketika kita mampu mencapai khusyu', maka doa kita akan lebih mudah diijabah oleh Allah.

Allah berfirman dalam surah al-Mu'minun ayat 1-2:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ - الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ

Artinya: "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu mereka yang khusyu' dalam sholatnya." (QS. al-Mu'minun: 1-2)

Oleh karena itu, kita harus memperbanyak latihan dalam mencapai khusyu' dalam sholat agar doa kita dapat lebih mudah diijabah oleh Allah.

Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Allah dan Sesama

Meningkatkan kualitas hubungan dengan Allah dan sesama dapat membantu meningkatkan kualitas doa kita. Ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan Allah dan sesama, maka hati kita akan lebih tenang dan lapang dalam berdoa.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dalam hadits riwayat al-Bukhari dan Muslim:

"الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمْ الرَّحْمَنُ، ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ"

Artinya: "Orang yang penuh kasih sayang akan diberi kasih sayang oleh Allah Yang Maha Pengasih. Kasihilah orang-orang di bumi, maka Yang di langit akan mengasihimu." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits ini, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita untuk saling berkasih sayang dan memperbaiki hubungan dengan sesama agar doa kita dapat lebih mudah diijabah oleh Allah.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas doa di bulan Ramadhan. Semoga kita dapat memperbaiki kualitas doa kita dan meraih keberkahan bulan Ramadhan. Aamiin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 



Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Jadwal Shalat

Hitung Mundur

Pembukaan PENTAS PAI Tingkat Kecamatan Nagreg 2024

Kontributor

Pengikut

Subscribe Us