Menyajikan wawasan Islami & inspirasi penuh kebaikan bagi pendidikan dan kehidupan sehari-hari

Kultum Ramadhan Hari Ketujuh

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pada kesempatan ini, saya ingin berbicara tentang tema "Menghilangkan Sifat Egois di Bulan Ramadhan". Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri. Salah satu hal yang perlu kita perbaiki adalah sifat egois kita.

Sifat egois adalah sifat yang membuat kita berpikir hanya tentang kepentingan diri sendiri, tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. Sifat ini bisa menyebabkan konflik dan ketidakharmonisan dalam hubungan sosial kita. Oleh karena itu, di bulan Ramadhan ini, mari kita bersama-sama memperbaiki sifat egois kita dan lebih peduli terhadap kepentingan orang lain.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلَا تَأْكُلُوْۤا اَمْوَا لَـكُمْ بَيْنَكُمْ بِا لْبَا طِلِ وَتُدْلُوْا بِهَاۤ اِلَى الْحُـکَّامِ لِتَأْکُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَا لِ النَّا سِ بِا لْاِ ثْمِ وَاَ نْـتُمْ تَعْلَمُوْنَ

"Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 188)

Dalam ayat ini, Allah SWT melarang kita untuk mengambil harta orang lain dengan cara yang tidak benar. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT menginginkan kita untuk menjadi orang yang jujur dan tidak egois dalam urusan harta.

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk tidak egois. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"لا يُؤمِنُ أحَدُكُمْ حتّى يُحِبَّ لأخِيهِ مَا يُحِبُّ لنَفسِهِ" (رواه البخاري)

"Tidak beriman salah seorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhari)

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk mencintai saudara kita sebagaimana kita mencintai diri sendiri. Ini menunjukkan bahwa kita harus berusaha untuk tidak egois dan lebih peduli terhadap kepentingan orang lain.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kebaikan dan berkah. Mari kita manfaatkan bulan yang mulia ini untuk memperbaiki diri kita dan menghilangkan sifat egois kita. Mari kita berusaha untuk lebih peduli terhadap kepentingan orang lain dan selalu berusaha untuk melakukan kebaikan kepada sesama.

Sekian ceramah kultum Ramadhan saya tentang tema "Menghilangkan Sifat Egois di Bulan Ramadhan". Semoga bermanfaat untuk kita semua. Wallahu'alam bishawab. 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 





Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Jadwal Shalat

Hitung Mundur

Pembukaan PENTAS PAI Tingkat Kecamatan Nagreg 2024

Kontributor

Pengikut

Subscribe Us