Menyajikan wawasan Islami & inspirasi penuh kebaikan bagi pendidikan dan kehidupan sehari-hari

Kultum Ramadhan Hari Ketigabelas

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan untuk merayakan bulan


Ramadhan yang penuh berkah ini. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan, salah satunya adalah dengan melaksanakan sholat tarawih. Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang "Berkah Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan: Meningkatkan Kualitas Ibadah".

Terkait dengan sholat tarawih, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Bulan Ramadhan adalah bulan di mana diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu, supaya kamu mencukupkan bilangannya, dan supaya kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Dalam ayat di atas, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, di mana Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Di bulan ini, kita dianjurkan untuk berpuasa dan meningkatkan kualitas ibadah kita, salah satunya dengan melaksanakan sholat tarawih.

Tentang sholat tarawih, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

"Barangsiapa berdiri (shalat) dengan imam sampai selesai, maka dicatat baginya seolah-olah ia beribadah semalaman penuh." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, kita dapat memahami betapa besar keutamaan sholat tarawih bagi umat muslim. Meskipun sholat tarawih bukanlah sholat wajib, namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menekankan pentingnya melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah.

Selain itu, sholat tarawih juga memiliki banyak manfaat bagi kita, antara lain:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.
  2. Menambah pahala kita selama bulan Ramadhan.
  3. Meningkatkan kualitas ibadah kita secara keseluruhan.
Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, salah satunya dengan melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan kita kekuatan dan kemudahan untuk beribadah dengan sebaik-baiknya.

Sekian ceramah kultum Ramadhan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahu a'lam bisshawab. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Jadwal Shalat

Hitung Mundur

Pembukaan PENTAS PAI Tingkat Kecamatan Nagreg 2024

Kontributor

Pengikut

Subscribe Us